1. HAKIKAT
PEMBELAJARAN
Pembelajaran terjemahan dari bahasa inggris “
instruction”, terdiri dari dua kegiatan utama, yaitu : a) belajar (learning) b) mengajar (teaching).
Dari
beberapa sumber yang membahas mengenai pembelajaran, terdapat beberapa kesamaan
substansi tentang belajar, yaitu pada dasarnya adalah perubahan perilaku
(pengetahuan, sikap, keterampilan) sebagai hasil interaksi antar siswa dengan
lingkungan pembelajaran. Mengajar pada dasarnya adalah kegiatan mengelola lingkunagn
pembelajaran agar berinteraksi dengan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Tujuan pembelajaran tersebut, yaitu perubahan perilaku ( pengetahuan, sikap dan
keterampilan). Pengertian mengajar tersebut didasarkan pada pengertian belajar
yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu perubahan perilaku hasil interaksi
dengan lingkungan pembelajaran. Oleh karena itu, maka mengajar adalah mengelola
lingkungan pembelajaran untuk berlangsungnya proses pembelajaran. Dari
pengertian belajar dan mengajar tersebut, maka jika disatukan menjadi
“pembelajaran”, mengandung makna, yaitu proses aktivitas interaksi antara siswa
dengan lingkungan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.Dilihat dari
segi pelaku utamanya ( subjek ), bahwa
belajar menunjuk pada prilaku totalitas dari siswa/peserta didik untuk
melakukan berbagai aktivitas merespons terhadap setiap rangsangan (stimulus)
pembelajaran untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Sedangkan mengajar menunjuk
pada perilaku secara totalitas dan professional dari guru, instruktur, tutor,
dan sebutan tenaga kependidikan lainnya untuk memfasilitasi terjadinya belajar
pada diri siswa.
Terhadap
ketiga istilah tersebut yaitu belajar, mengajar, dan pembelajaran; Prof. DR.
chaedar Alwasilah, M.A. memberikan batasan sebagai berikut :
a. Belajar
(learning) adalah refleksi system
kepribadian siswa yang menunjukkan perilaku yang terkait dengan tugas yang
diberikan.
b. Mengajar
(teaching) adalah refleksi system
kepribadian sang guru yang bertindak secara professional.
c. Pembelajaran
(instruction) adalah system social
tempat berlangsungnya mengajar dan belajar.
2. PRINSIP-PRINSIP
PEMBELAJARAN
Menurut chaedar Alwasilah, dengan memperhatikan bahwa
hakikat pembelajaran adalah “ interaksi antara siswa dengan lingkungan
pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran (perubahan perilaku), seperti
yang sudah dikemukakan dalam pembahasan sebelumnya, maka terdapat beberapa
prinsip umum yang harus menjadi inspirasi bagi pihak-pihak yang terkait dengan
pembelajaran (siswa dan guru), yaitu :
a. Prinsip
umum pembelajaran
b. Prinsip
khusus pembelajaran
3. PRINSIP
KETERLIBATAN LANGSUNG/BERPENGALAMAN
Prinsip ini berhubungan dengan prinsip aktivitas,
bahwa setiap individu harus terlibat secara langsung untuk mengalaminya.
Terkait dengan konsep aktivitas, setipa kegiatan belajar harus melibatkan diri
(setiap individu) terjun mengalami.
4. PRINSIP
PENGULANGAN
Teori yang dapat dijadikan sebagai petunjuk pentingnya
prinsip pengulangan dalam belajar,
antara lain bisa dicermati dari dalil-dalil belajar yang dikemukakan oleh
Edward L. Thorndike (1974-1949).
5. PRINSIP
TANTANGAN
Teori medan dari Kurt Lewin megemukakan bahwa siswa
dalam setiap situasi belajar berada dalam suatu medan atau lapangan psikologis.
Dalam situasi belajar, siswa menghadapi suatu tujuan yang harus dicapai. Untuk
mencapai tujuan tersebut siswa dihadapkan dengan hambatan/tantangan, yaitu
mempelajari materi/bahan pembelajaran.
6. PRINSIP
BALIKAN DAN PENGUATAN
Prinsip belajar yang berkaitan dengan balikan dan
penguatan terutama ditekankan oleh teori belajar Operant Conditioning dari
B.F.Skinner. kunci dari teori ini adalah hokum “Law Of Effect” dari Thorndike. Namun, dengan dorongan belajar itu
menurut B.F. Skinner tidak saja oleh penguatan yang menyenangkan, tetapi juga
tidak menyenangkan. Dengan kata lain, penguatan positif maupun negative dapat
memperkuat belajar.
7. PRINSIP
PERBEDAAN INDIVIDUAL
Perbedaan individual dalam belajar, yaitu proses
belajar yang terjadi pada setiap individu berbed satu dengan yang lain, baik
secara fisik maupun psikis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar