Selasa, 13 Desember 2016

PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN

1.      HAKIKAT PEMBELAJARAN
Pembelajaran terjemahan dari bahasa inggris “ instruction”, terdiri dari dua kegiatan utama, yaitu : a) belajar (learning) b) mengajar (teaching).
Dari beberapa sumber yang membahas mengenai pembelajaran, terdapat beberapa kesamaan substansi tentang belajar, yaitu pada dasarnya adalah perubahan perilaku (pengetahuan, sikap, keterampilan) sebagai hasil interaksi antar siswa dengan lingkungan pembelajaran. Mengajar pada dasarnya adalah kegiatan mengelola lingkunagn pembelajaran agar berinteraksi dengan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran tersebut, yaitu perubahan perilaku ( pengetahuan, sikap dan keterampilan). Pengertian mengajar tersebut didasarkan pada pengertian belajar yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu perubahan perilaku hasil interaksi dengan lingkungan pembelajaran. Oleh karena itu, maka mengajar adalah mengelola lingkungan pembelajaran untuk berlangsungnya proses pembelajaran. Dari pengertian belajar dan mengajar tersebut, maka jika disatukan menjadi “pembelajaran”, mengandung makna, yaitu proses aktivitas interaksi antara siswa dengan lingkungan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.Dilihat dari segi pelaku utamanya  ( subjek ), bahwa belajar menunjuk pada prilaku totalitas dari siswa/peserta didik untuk melakukan berbagai aktivitas merespons terhadap setiap rangsangan (stimulus) pembelajaran untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Sedangkan mengajar menunjuk pada perilaku secara totalitas dan professional dari guru, instruktur, tutor, dan sebutan tenaga kependidikan lainnya untuk memfasilitasi terjadinya belajar pada diri siswa.
Terhadap ketiga istilah tersebut yaitu belajar, mengajar, dan pembelajaran; Prof. DR. chaedar Alwasilah, M.A. memberikan batasan sebagai berikut :
a.       Belajar (learning) adalah refleksi system kepribadian siswa yang menunjukkan perilaku yang terkait dengan tugas yang diberikan.
b.      Mengajar (teaching) adalah refleksi system kepribadian sang guru yang bertindak secara professional.
c.       Pembelajaran (instruction) adalah system social tempat berlangsungnya mengajar dan belajar.
2.      PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN
Menurut chaedar Alwasilah, dengan memperhatikan bahwa hakikat pembelajaran adalah “ interaksi antara siswa dengan lingkungan pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran (perubahan perilaku), seperti yang sudah dikemukakan dalam pembahasan sebelumnya, maka terdapat beberapa prinsip umum yang harus menjadi inspirasi bagi pihak-pihak yang terkait dengan pembelajaran (siswa dan guru), yaitu :
a.       Prinsip umum pembelajaran
b.      Prinsip khusus pembelajaran
3.      PRINSIP KETERLIBATAN LANGSUNG/BERPENGALAMAN
Prinsip ini berhubungan dengan prinsip aktivitas, bahwa setiap individu harus terlibat secara langsung untuk mengalaminya. Terkait dengan konsep aktivitas, setipa kegiatan belajar harus melibatkan diri (setiap individu) terjun mengalami.
4.      PRINSIP PENGULANGAN
Teori yang dapat dijadikan sebagai petunjuk pentingnya prinsip pengulangan    dalam belajar, antara lain bisa dicermati dari dalil-dalil belajar yang dikemukakan oleh Edward L. Thorndike (1974-1949).
5.      PRINSIP TANTANGAN
Teori medan dari Kurt Lewin megemukakan bahwa siswa dalam setiap situasi belajar berada dalam suatu medan atau lapangan psikologis. Dalam situasi belajar, siswa menghadapi suatu tujuan yang harus dicapai. Untuk mencapai tujuan tersebut siswa dihadapkan dengan hambatan/tantangan, yaitu mempelajari materi/bahan pembelajaran.
6.      PRINSIP BALIKAN DAN PENGUATAN
Prinsip belajar yang berkaitan dengan balikan dan penguatan terutama ditekankan oleh teori belajar Operant Conditioning dari B.F.Skinner. kunci dari teori ini adalah hokum “Law Of Effect” dari Thorndike. Namun, dengan dorongan belajar itu menurut B.F. Skinner tidak saja oleh penguatan yang menyenangkan, tetapi juga tidak menyenangkan. Dengan kata lain, penguatan positif maupun negative dapat memperkuat belajar.
7.      PRINSIP PERBEDAAN INDIVIDUAL
Perbedaan individual dalam belajar, yaitu proses belajar yang terjadi pada setiap individu berbed satu dengan yang lain, baik secara fisik maupun psikis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar