Selasa, 13 Desember 2016

INOVASI KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

1.      Hakikat, unsur, dan ciri inovasi pendidikan
a.       Hakikat dan batasan inovasi
Inovasi adalah Perubahan ke arah yang baru, sedangkan difusi proses penyerapan sesuatu yang baru dengan menekankan pada aspek filterisasi. Difusi inovasi dimaknakan sebagai penyebarluasan dari informasi tersebut melalu proses komnikasi yag dilakukan dengan melakukan saluran tertentu.
b.      Inovasi pendidikan
Santoso S. Hamidjojo dikutip Abdulhak 2002 menyatakan bahwa inovasi pendidikan sebagai suatu perubhan yang baru secara kualitatif berbeda dari hal sebelumnya.
c.       Difusi inovasi pendidikan
Sebagai penyebarluasan gagasan inovasi melalui suatu proses komunikasi yang dilakukan menggunakan tentang suatu rentang tertentu diantara anggota sisteem social dalam masyarakat.
d.      Ciri inovasi pendidikan
Inovasi termasuk pendidikan yang merupakan pemikiran cemerlang yang bercirikan hal baru, atau berupa praktik-praktik tertentu atau berupa produk dari suatu hasil olah piker dan olah tekhnologi yang diterapkaan melalui tahapan tertentu.
2.      Adopsi dan pelaksaan inovasi pendidikan
Mattew B. Milles 1973 “14” menulis bahwa inovasi sebagai spesies dan jenis perubahan yaitu, yaitu suatu perubahan yang sifatnya khusus, memiliki nuansa kebaruan, dan disengaja melalui program yang jelas direncanakan terlebih dahulu, serta dirancang untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
a.       Pelaksaan inovasi
b.      Peran agen perubahan
c.       Percepatan adopsi inovasi
d.      Penemuan kembali (re-invation)
3.      Kontribusi inovasi dalam pendidikan
Proses yang dipengaruhi oleh system internal organisasi kemasyarakatan yang bersangkutan.
a.       Para pembaru/pioneer/ perintis (innovators)
b.      Para adopter awal
c.       Para kelompok mayoritas awal
d.      Kelompok mayoritas akhir
e.       Adopter akhir
4.      Bebrapa hasil inovasi kurikulum
Perubahan dan pergantian kurikulum sejak tahun 60an hingga tahun 2007 telah banyak dirasakan, merupakan hasil berpikir dan produktifitas bagaimana inovasi dalam penyesuaian kurikulum yang selalu dituntut masyarakata dapat dilakukan.
Hasil inovasi berikut yaitu :
a.       KTSP
b.      KBK
c.       Kurikulum 2007
d.      Broad based curriculum
e.       Kurikulum system ganda
f.        Kurikulum muaran lokal
5.      Beberapa hasil inovasi pembelajaran
Hasil dari inovasi pembelajarn sudah sangat banyak diantaranya  adalah disebut dengan BBL, LCBT, ICARE, dan berbasis computer.

TAHAPAN SISTEM PEMBELAJARAN ICARE
a.       Tahap pertam : pengenalan
b.      Tahap kedua : menghubungkan
c.       Tahap ketiga : mengapliksikan
d.      Tahap keempat : refleksi
e.       Tahap kelima : melanjutkan
MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL INSTRUCTION
Merupakan penemuan dari tim peneliti jurusan kurikulum dan tekhnologi pendidikan dari model pembelajaran berbasis komuter yang ditunjukkan untuk mempelajari pelajaran yang berbasis computer.

BIOLOGICAL COMMUNICATION TECHNOLOGY BASED LEARNING
·         Untuk jenjang sekolah dasar
·         Model untuk jenjang SMP
·         Model untuk jenjang SMA
·         Model untuk jenjang pendidikan tinggi

6.      Syarat dan langkah melakukan inovasi
Dimulai dari hakikat, hingga ciri dan hasil dari sebuah inovasi, maka diharapkan mampu melakukan suatu tahapan atau lagkah dalam melakukan inovasi
a.       Tahap pengetahuan knowledge
b.      Tahap bujukan (persuation)
c.       Tahapan pengambilan keputusan (decision making)
d.      Tahapan implementasi (implementation)

e.       Tahapan konfirmasi (confirmation)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar