1.
Hakikat,
unsur, dan ciri inovasi pendidikan
a. Hakikat
dan batasan inovasi
Inovasi adalah Perubahan
ke arah yang baru, sedangkan difusi proses penyerapan sesuatu yang baru dengan
menekankan pada aspek filterisasi. Difusi inovasi dimaknakan sebagai
penyebarluasan dari informasi tersebut melalu proses komnikasi yag dilakukan
dengan melakukan saluran tertentu.
b. Inovasi
pendidikan
Santoso S. Hamidjojo
dikutip Abdulhak 2002 menyatakan bahwa inovasi pendidikan sebagai suatu perubhan
yang baru secara kualitatif berbeda dari hal sebelumnya.
c. Difusi
inovasi pendidikan
Sebagai penyebarluasan
gagasan inovasi melalui suatu proses komunikasi yang dilakukan menggunakan
tentang suatu rentang tertentu diantara anggota sisteem social dalam masyarakat.
d. Ciri
inovasi pendidikan
Inovasi termasuk
pendidikan yang merupakan pemikiran cemerlang yang bercirikan hal baru, atau
berupa praktik-praktik tertentu atau berupa produk dari suatu hasil olah piker
dan olah tekhnologi yang diterapkaan melalui tahapan tertentu.
2.
Adopsi
dan pelaksaan inovasi pendidikan
Mattew
B. Milles 1973 “14” menulis bahwa inovasi sebagai spesies dan jenis perubahan
yaitu, yaitu suatu perubahan yang sifatnya khusus, memiliki nuansa kebaruan,
dan disengaja melalui program yang jelas direncanakan terlebih dahulu, serta
dirancang untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
a. Pelaksaan
inovasi
b. Peran
agen perubahan
c. Percepatan
adopsi inovasi
d. Penemuan
kembali (re-invation)
3.
Kontribusi
inovasi dalam pendidikan
Proses
yang dipengaruhi oleh system internal organisasi kemasyarakatan yang
bersangkutan.
a. Para
pembaru/pioneer/ perintis (innovators)
b. Para
adopter awal
c. Para
kelompok mayoritas awal
d. Kelompok
mayoritas akhir
e. Adopter
akhir
4.
Bebrapa
hasil inovasi kurikulum
Perubahan
dan pergantian kurikulum sejak tahun 60an hingga tahun 2007 telah banyak
dirasakan, merupakan hasil berpikir dan produktifitas bagaimana inovasi dalam
penyesuaian kurikulum yang selalu dituntut masyarakata dapat dilakukan.
Hasil
inovasi berikut yaitu :
a. KTSP
b. KBK
c. Kurikulum
2007
d. Broad
based curriculum
e. Kurikulum
system ganda
f.
Kurikulum muaran lokal
5.
Beberapa
hasil inovasi pembelajaran
Hasil
dari inovasi pembelajarn sudah sangat banyak diantaranya adalah disebut dengan BBL, LCBT, ICARE, dan
berbasis computer.
TAHAPAN SISTEM PEMBELAJARAN ICARE
a. Tahap
pertam : pengenalan
b. Tahap
kedua : menghubungkan
c. Tahap
ketiga : mengapliksikan
d. Tahap
keempat : refleksi
e. Tahap
kelima : melanjutkan
MODEL PEMBELAJARAN
TUTORIAL INSTRUCTION
Merupakan
penemuan dari tim peneliti jurusan kurikulum dan tekhnologi pendidikan dari
model pembelajaran berbasis komuter yang ditunjukkan untuk mempelajari
pelajaran yang berbasis computer.
BIOLOGICAL COMMUNICATION
TECHNOLOGY BASED LEARNING
·
Untuk jenjang sekolah dasar
·
Model untuk jenjang SMP
·
Model untuk jenjang SMA
·
Model untuk jenjang pendidikan tinggi
6.
Syarat
dan langkah melakukan inovasi
Dimulai
dari hakikat, hingga ciri dan hasil dari sebuah inovasi, maka diharapkan mampu
melakukan suatu tahapan atau lagkah dalam melakukan inovasi
a. Tahap
pengetahuan knowledge
b. Tahap
bujukan (persuation)
c. Tahapan
pengambilan keputusan (decision making)
d. Tahapan
implementasi (implementation)
e. Tahapan
konfirmasi (confirmation)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar