Selasa, 27 Desember 2016

Komponen-komponen Pengembangan Kurikulum

1.      Komponen Tujuan
            Rumusan tujuan kurikulum erat kaitannya dengan filsafat atau system nilai yang dianut masyarakat. Rumusan tujuan menganut masyarakat yang dicitak-citakan. Misalkan filsafat yang dianut masyarakat Indonesia adalah Pancasila, maka tujuan yang diharapkan tercapai oleh suatu kurikulum adalah terbentuknya masyarakat yang Pancasilais. Tujuan pendidikan diklasifikasikan menjadi empat antara lain:
a.       Tujuan Pendidikan Nasional (TPN)
b.      Tujuan Institusional (TI)
c.       Tujuan Kurikuler (TK)
d.      Tujuan Pembelajaran (TP)
            Menurut Bloom, bentuk perilaku sebagai tujuan yang harus dirumuskan dapat       digolongkan ke dalam tiga bidang, yaitu:
·         Domain Kognitif
Domain kognitif adalah tujuan pendidikan yang berhubungan dengan kemampuan berpikir seperti kemampuan mengingat dan kemampuan memecahkan masalah. Menurut Bloom (1965) domain kognitif terdiri dari enam tingkatan, yaitu:
                                                        i.            Pengetahuan (knowledge)
                                                      ii.            Pemahaman (comprehension)
                                                    iii.            Penerapan (aplication)
                                                    iv.            Analisis
                                                      v.            Sintetis
                                                    vi.            Evaluasi
·         Domain Afektif
Domain ini berkenaan dengan sikap, nilai-nilai dan presiasi. Menurut Krathwohl dan kawan-kawan (1964) domain afektif memiliki tingkatan, yaitu:
                                                        i.            Penerimaan
                                                      ii.            Merespons
                                                    iii.            Menghargai
                                                    iv.            Mengorganisasi
                                                      v.            Karakterisasi nilai
·         Domain Psikomotor
Adalah tujuan yang berhubungan dengan kemampuan keterampilan atau skill seseorang. Ada tujuh tingkatan yang termasuk dalam domain ini, yaitu:
                                                        i.            Persepsi (Perception)
                                                      ii.            Kesiapan (Set)
                                                    iii.            Meniru (Imitation)
                                                    iv.            Membiasakan (Habitual)
                                                      v.            Menyesuaikan (Adaptation)
                                                    vi.            Menciptakan (Organization)

2.      Komponen Isi/Materi Pelajaran
            Isi kurikulum itu menyangkut semua aspek baik yang berhubungan dengan pengetahuan atau materi pelajaran yang biasanya tergambarkan pada isi setiap mata pelajaran yang diberikan maupun aktivitas dan kegiatan siswa.

3.      Komponen Metode/Strategi
            Komponen ini berhubungan dengan implementasi kurikulum. Bagaimanapun bagus dan idealnya tujuan yang harus dicapai tanpa strategi yang tepat untuk mencapainya , maka tujuan itu tidak mungkin dapat dicapai.

4.      Komponen Evaluasi
            Evaluasi merupakan komponen untuk melihat efektivitas pencapaian tujuan, sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan apakah suatu kurikulum perlu dipertahankan atau tidak. Evaluasi dibagi dalam dua jenis, yaitu:
a.       Tes
Tes biasanya digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam aspek kognitif. Hasil tes biasanya diolah secara kuantitatif.
                                                        i.            Kriteria Tes Sebagai Alat Evaluasi
                                                      ii.            Jenis-jenis Tes
b.      Nontes
Adalah alat evaluasi yang biasanya digunakan untuk menilai aspek tingkah laku termasuk sikap, minat, dan motivasi. Ada beberapa jenis nontes sebagi alat evaluasi, yaitu:
                                                        i.            Observasi
                                                      ii.            Wawancara
                                                    iii.            Studi Kasus

                                                    iv.            Skala Penilaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar