Kali ini akan
dipaparkan beberapa macam model pembelajaran kreatif. Sangat penting untuk
mempelajari model-model pembelajaran, mengingat akan karakter siswa yang
berbeda tentunya mereka juga memiliki minat dan potensi berbeda pula. Untuk
menggali potensi siswa perlu ada selingan model pembelajaran yang dipake oleh
guru. Berikut ini beberapa model pembelajran kreatif :
A. Role Playing
Langkah-langkah:
- Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
- Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua
hari sebelum KBM
- Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
- Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin
dicapai
- Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk
melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
- Masing-masing siswa duduk di kelompoknya, masing-masing
sambil memperhatikan mengamati skenario yang sedang diperagakan
- Setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa
diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
- Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
- Guru memberikan kesimpulan secara umum
- Evaluasi
- Penutup
B. Group Investigation
(Sharan, 1992)
Langkah-langkah :
- Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
- Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
- Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas
sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari
kelompok lain
- Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada
secara kooperatif berisi penemuan
- Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua
menyampaikan hasil pembahasan kelompok
- Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi
kesimpulan
- Evaluasi
- Penutup
C.Talking Stick
Langkah-langkah :
- Guru menyiapkan sebuah tongkat
- Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian
memberikan kesempatan kepada siswa untuk untuk membaca dan mempelajari
materi pada pegangannya/paketnya
- Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya
mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
- Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah
itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut
harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa
mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
- Guru memberikan kesimpulan
- Evaluasi
- Penutup
D. Bertukar Pasangan
Langkah-langkah :
- Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru biasa
menunjukkan pasangannya atau siswa menunjukkan pasangannya
- Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas
dengan pasangannya
- Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu
pasangan yang lain
- Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan masing-masing
pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka
- Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan
kemudian dibagikan kepada pasangan semula
E. Snawball Throwing
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
- Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil
masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
- Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya
masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru
kepada temannya
- Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar
kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut
materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
- Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan
dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
- Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan
kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam
kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
- Evaluasi
- Penutup
F. Facilitator And
Explaining
Siswa/peserta
mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainnya
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
- Memberikan kesempatan siswa/peserta untuk menjelaskan
kepada peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainnya baik melalui
bagan/peta konsep maupun yang lainnya
- Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
- Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
- Penutup
G. Course Review Horay
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
- Memberikan kesempatan siswa tanya jawab
- Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak
9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan
seler masing-masing siswa
- Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban
di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan,
kalau benar diisi tanda benar (Ö) dan salan diisi tanda silang (x)
- Siswa yang sudah mendapat tanda Ö vertikal atau
horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya
- Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay
yang diperoleh
- Penutup
H. Demonstration
(Khusus materi yang
memerlukan peragaan atau percobaan misalnya Gussen)
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan TPK
- Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan
dismpaikan
- Siapkan bahan atau alat yang diperlukan
- Menunjukan salah seorang siswa untuk mendemontrasikan
sesuai skenario yang telah disiapkan
- Seluruh siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisa
- Tiap siswa atau kelompok mengemukakan hasil analisanya
dan juga pengalaman siswa didemontrasikan
- Guru membuat kesimpulan
I. Explicit
Intruction/Pengajaran Langsung(Rosenshina & Stevens, 1986)
Pembelajaran langsung
khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedur
dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi
selangklah
Langkah-langkah :
- Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
- Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
- Membimbing pelatihan
- Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
- Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
J. Cooperative
Integrated Reading And Composition (CIRC)/Kooperatif Terpadu Membaca Dan
Menulis(Steven & Slavin, 1995)
Langkah-langkah :
- Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara
heterogen
- Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik
pembelajaran
- Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide
pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada
lembar kertas
- Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
- Guru membuat kesimpulan bersama
- Penutup
K.
Inside-Outside-Circle/Lingkaran Kecil-Lingkaran Besar (Spencer Kagan)
“Siswa saling membagi
informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat
dan teratur”
Langkah-langkah :
- Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan
menghadap keluar
- Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar
lingkaran pertama, menghadap ke dalam
- Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan
besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh
semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
- Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di
tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau
dua langkah searah jarum jam.
- Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang
membagi informasi. Demikian seterusnya
L Tebak Kata
Buat kartu ukuran
10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban
(istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
Buat kartu ukuran 5X2
cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti
dilipat dan ditempel pada dahi ataudiselipkan ditelinga.
Langkah-langkah :
- Jelaskan TPK atau materi ± 45 menit
- Suruhlah siswa berdiri didepan kelas dan berpasangan
- Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10×10 cm yang
nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu
yang berukuran 5×2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian
ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga.
- Sementara siswa membawa kartu 10×10 cm membacakan
kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang
dimaksud dalam kartu 10×10 cm. jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu
yang ditempelkan di dahi atau telinga.
- Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di
kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang
telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan
langsung memberi jawabannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar