Selasa, 13 Desember 2016

PENDEKATAN, STRATEGI, DAN MODEL PEMBELAJARAN

Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dirancang oleh guru agar siswa melakukan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan atau kompetensi yang diharapkan.
1.      Pendekatan pembelajaran
Suatu upaya menghampiri makna pembelajaran melalui suatu cara pandang dan pandangan tertentu, atau aplikasi suatu cara pandang dan pandangan tertentu dalam memahami makna pembelajaran.
a.       Pendekatan filsafat terhadap pembelajaran
·         Idealism : pendekatan adalah kegiatan Tanya jawab antara guru dengan siswa, melatih keterampilan berpikir siswa, serta pemberian teladan dalam hal pengetahuan, nilai dan moral dalam keyakinan dan tingkah laku guru.
·         Realism : pembelajaran adalah kegiatan guru menciptakan kondisi lingkungan dengan didiplin tertentu untuk dialami siswa, agar siswa menguasai pengetahuan yang esensial dan terbentuk kebiasaan-kebiasaan, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan alam dan lingkungan social.
·         Pragmatism : kegiatan guru memfasilitasi dan membimbing siswa belajar memecahkan masalah melalui aktivitas/kerja (learning by doing), inquiry dan/atau discovery sesuai minat dan bakat dan kebutuhan siswa yang dilakukan secara terpadu.
·         Konstruktivisme : kegiatan guru memfasilitasi dan membimbing siswa berfikir, agar siswa dapat mengembangkan konsep dan pengertian tentang sesuatu sebagai hasil kontruksi aktif siswa itu sendiri.
·         Eksistensialisme : kegiatan guru mendampingi siswa belajar berdasarkan minat bakat dan kebutuhan siswa.
·         Filsafat pendidikan nasional ( pancasila ) : interaksi peserta didik dengan pendiddik dan sumber belajar lainnya pada suatu lingkungan belajar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
b.      Pendekatan psikologi terhadap pembelajaran
·         Behaviorisme : kegiatan guru menciptakan kondisi lingkungan sebagai stimulus berupa tugas, disiplin dan sebagainya.
·         Kognitif : kegiatan guru membimbing siswa melakukan proses internal yang kompleks berupa pemrosesan informasi, agar siswa dapat mengembangkan kemampuan atau fungsi kognitif’ secara optimal.
·         Humanisme : kegiatan guru memfasilitasi dan membimbing siswa belajar melalui proyek-proyek yang menekankan pada studi-studi social yang didasarkan atas pemuasan kebutuhan dan kepribadian siswa.
c.       Pendekatan system terhadap pembelajaran
Pembelajaran dapat dipandang sebagai suatau keeluruhan terpadu yang terdiri atas berbagai kompoen yang saling berinteraksi secara fungsional dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
2.      Strategi pembelajaran
Pola umum rencaan interaksi antar siswa dengan guru dan sumber belajar lainnya untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
a.       Berdasarkan rasio guru dan siswa dalam pembelajaran
b.      Berdasarkan pola hubungan guru dan siswa dalam pembelajaran
c.       Berdasarkan peranan guru dan siswa dalam pengelolaan pembelajaran
d.      Berdasarkan peranan guru dan siswa dalam mengolah pesan atau materi pembelajaran.
3.      Model pembelajaran
Suatu rencana atau pola yang dapat kita gunakan untuk merancang pembelajaran dalam kelas atau dalam latar tutorial untuk membentuk materi pembelajaran.
a.       Model pembelajaran berdasarkan teori
·         Model interaksi social
·         Model pemrosesan informasi
·         Model personal
·         Model modefikasi tingkah laku
·         Model pembelajaran kontekstual
4.      Memilih pendekatan, strategi dan model pembelajaran

Konsepsi pembelajaran yang kita anut seharusnya pembelajaran yang berdasarkan pendekatan filsafat pendidikan pancasila. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar